Gunung Hutan

Apa yang Anda ketahui tentang mendaki gunung?

Mendaki gunung adalah perjalanan atau petualangan menuju puncak gunung.

Yang jelas, tidak seorang petualang alam komunitas di Indonesia lebih senang menggunakan istilah pencinta alam melakukan kegiatan itu.

Dalam mendaki gunung tidak hanya di butuhkan keberanian akan tetapi psikologi atau mental dan fisik yang kuat.

Beberapa di bawah adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pendakian:

  1. faktor internal
    1. badan dalam keadaan sakit
    2. tidak mempersiapkan barang yang di bawa
  2. faktor eksternal
    1. cuaca yang tidak mendukung
    2. keadaan gunung yang terjal
    3. berkabut tebal

Dalam pendakian yang memerlukan waktu di atas tiga hari, seorang pendaki harus istirahat, maka dari itu mereka membuat bivoac. syarat pembuatan bivoac (tempat istirahat sementara) adalah:

  1. di tempat yang tinggi (di atas pohon)
  2. tidak di tanah yang miring
  3. tidak menghadap arah angin yang berhembus
  4. tidak di pohon yang lebat

sebelum melaksanakan pendakian terlebih dahulu harus membuat rencana-rencana, seperti mencari rute perjalanan, menyiapkan barang yang perlu di bawa, dan lain-lain.

Ada pun cara-cara packing sebagai berikut:

  1. packing basah yaitu penataan barang yang basah. Contoh : jika dalam perjalanan menemukan sampah-sampah maka harus di ambil.
  2. packing kering (biasanya penataan di dalam ransel) penataan ini di susun dari barang yang berat ada di atas. tujuannya adalah mengurangi beban saat perjalanan. susunannya adalah:
  3. bagian bawah, pakaian, sleeping bag
  4. bagian tengah, ponco (jas hujan)
  5. bagian atas, makanan ringan, air minum

Macam-macam penyakit yang sering dihadapi oleh pendaki:

  1. Hypotermia

Adalah penurunan suhu tubuh secara tidak normal, dimana dikenal sebagai dingin penyebab kematian. Hypotermia tidak ada bedanya apakah terjadi di air,hutan atau puncak gunung. Statistik menunjukkan sebagian besar kasus ini justru terjadi pada suhu yang tidak terlampau dingin dan ini dianggap berbahaya (0-10 0C). Badan yang basah oleh keringat atau air hujan dan angin pada suhu tertentu dapat berakibat fatal dan dapat menyebabkan anda kehilangan banyak kalori. Pertolongan harus diberikan dalam 1 ½ jam setelah menggigil hebat. Bila tidak, siap-siaplah dijemput malaikat maut, wassalam.

  1. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh karena sinar matahari atau air yang masuk dalam tubuh berkurang atau banyak minum air berkadar garam tinggi sehingga cairan dalam tubuh tertarik keluar.