Pendidikan Dasar XXIV “Kawula Adhikari”

Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Maarif Hasyim Latif (MAPALA UMAHA) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di kampus Universitas Maarif Hasyim Latif. Setiap bertambahnya tahun tentu saja setiap UKM selalu melakukan Open Recruitmen dan disini MAPALA UMAHA juga melakukan agenda pengkaderan setiap tahun ini. Untuk tahun ini MAPALA UMAHA mengambil tema “Melahirkan Generasi Yang Berani, Berjiwa Sosial, Dan Berkarakter Pecinta Alam.

Sesuai dengan tema yang kami pilih , kami berharap dengan generasi MAPALA UMAHA yang baru ini bisa memiliki karakter pecinta alam, dikarenakan di zaman millenial dan eksistensi pecinta alam mulai lupa tentang pentingnya menjaga alam.

Sebelum diadakan Pendidikan Dasar (DIKLATSAR) Calon anggota diberikan pembekalan terlebih dahulu dengan kegiatan Diklat Ruang (DIKRUNG) yang bertujuan untuk mengetahui tentang dasar – dasar kegiatan yang ada di MAPALA UMAHA. Di DIKRUNG ini kita adakan 2 kali dalam 2 Minggu dengan pembekalan materi seperti Single Rope Technique (SRT) , Konservasi Sumber Daya Alam, Ekosistem (KSDAE) dan Manajemen Perjalanan.

Setelah melalui tahap pembekalan tentunya Calon Anggota (CAANG) harus melalui berbagai syarat administrasi yang dilalui. Mulai dari mempersiapkan Surat Kesehatan, Surat izin orang tua dan surat pernyataan bersedia mengikuti DIKLATSAR bermaterai. Syarat Administrasi bertujuan untuk kesiapan CAANG dalam melaksanakan DIKLATSAR.

Pada hari Jumat (24/11) CAANG dan Panitia siap melaksanakan DIKLATSAR dengan persiapan yang matang dan perlengkapan yang telah disiapkan. Kegiatan kita mulai pengecekan alat kembali dan melaksanakan Upacara Pemberangkatan yang di pimpin oleh Prianggara Ardiansah (Gopek) sebagai Pemimpin Upacara dan Bapak Uliontang ST., M.Kom sebagai Pembina Upacara. Beliau berpesan kepada peserta maupun panitia untuk selalu berhati – hati dan menjaga kesehatan, keselamatan, karena kita langsung berhubungan dengan alam yang cuaca yang tidak bisa ditebak. Tidak hanya itu Beliau juga menyampaikan ucapan selamat berpendidikan dan apa yang ilmu didapat semoga dapat diterapkan di masyarakat.

Setelah melakukan upacara kita pun berangkat menggunakan transportasi TNI yang telah di siapkan menuju ke Start awal yaitu di Cimory Prigen hingga finish di Lembah Madu UP3 Prigen untuk melakukan Long March (LM) dengan Peta Buta yang telah disiapkan oleh panitia. Jarak LM sendiri yaitu berkisar kurang lebih 2 kilometer. Setelah LM dilaksanakan melanjutkan kegiatan pendirian Bivak Ponco dan Kondensasi.

Hari ke 2 DIKLATSAR (25/11) Melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu Navigasi Darat. Dalam kegiatan ini peserta mengalami kebingungan karena kurang pahamnya materi Orientasi Peta. Lalu dilanjutkan kegiatan Prusiking, Analisa Vegetasi yang bertujuan mengetahui Vegetasi apa saja yang hidup di Lembah madu dengan Metode berpetak. Setelah melakukan Kegiatan tersebut CAANG melakukan kegiatan Rapling. Setelah melakukan kegiatan tersebut CAANG diberikan waktu untuk istirahat dan mempersiapkan untuk ramah tamah dengan Anggota Luar Biasa (ALB). Didalam ramah tamah dengan ALB, Panitia, dan CAANG memperkenalkan diri masing – masing dan ALB pun memperkenalkan dirinya. Setelah berkenalan baru kita melakukan makan bersama dengan tujuan membangun kekeluargaan yang baru.

Hari ke 3 (26/11) Setelah pendidikan yang panjang tentunya CAANG diberikan ucapan selamat dan mendapatkan nama kesayangan dari kami. Nama Keluarga untuk Angkatan XXIV ini adalah KAWULA ADHIKARI yang berarti Keluarga Istimewa. Tentunya setiap angkatan memiliki nama angkatannya sendiri yang melambangkan angkatan tersebut. Tidak hanya itu CAANG juga memiliki nama panggilan kesayangan yang telah Anggota Biasa (AB) berikan. Dan kami mengucapkan selamat kepada keluarga kami yang baru yaitu M. Bagus Pratama (Cengbrut), Rafi Matiin Mahendra (Getok), Abdurrochim (Jamet) yang telah sabar dan konsistensi dengan kegiatan yang ada di MAPALA UMAHA. Tentunya kami berharap untuk angkatan KAWULA ADHIKARI selalu bersinergi untuk kejayaan dan keberlangsungan regenerasi di UKM MAPALA UMAHA sendiri.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *